membangun sebuah Warnet

Pada kesempatan ini saya mencoba menuliskan usulan beberapa langkah langkah sederhana yang perlu kita lakukan untuk membangun sebuah Warung Internet. Detail dari teknologi Warung Internet itu sendiri dapat nanti dibaca di buku yang saya tulis berjudul “Teknologi Warung Internet” yang Insya Allah terbit akhir bulan November 1999 oleh Elexmedia Komputindo. Di samping itu, jika kami merencanakan melakukan roadshow seminar tentang teknologi Warung Internet ini di beberapa kota di Indonesia yang akan dimulai pada tanggal 29 Januari 2000 di Aula Barat ITB – informasi lebih lanjut pada library@itb.ac.id.

Pada kesempatan ini saya mengasumsikan WARNET yang akan dibangun merupakan WARNET di tempat umum biasa. Terus terang WARNET di tempat umum lebih sulit mengoperasikannya dibandingkan dengan WARNET yang berlokasi di sekolah / lembaga pendidikan yang jumlah pelanggannya lebih jelas. Baiklah beberapa usulan langkah praktis yang bisa kita lakukan dalam membangun sebuah warung Internet adalah sebagai berikut:

Tahap Perencanaan:
1. Hitung bisnis plan dengan baik, komponen penting yang harus diperhatikan adalah:
• Investasi yang terdiri dari beberapa komponen utama seperti komputer, peralatan LAN, printer, perangkat lunak, meja kursi dan biaya marketing. Sebagai gambaran perkiraan umum jumlah komputer akan menjadi biaya utama investasi.
• Biaya operasi bulanan yang meliputi gaji operator, office boy, satpam, akses internet, biaya telepon, listrik air, ATK.
• Pemasukan yang berupa iuran bulanan bagi akses e-mail dan / atau akses Web.

2. Survey ke lapangan untuk melihat potensi pasar – beberapa patokan sederhana yang perlu diperhatikan adalah:
• Populasi orang muda yang berada di sekitar wilayah warnet (paling mudah jika berada di dekat kampus / sekolah).
• Kemampuan finansial orang-orang muda tersebut (minimal sekali mereka sebaiknya mampu mengeluarkan uang Rp. 10-20.000 / bulan untuk akses Internet).

3. Kuasai teknologi Internet & WARNET. Pada tahapan ini sebaiknya anda melakukan beberapa hal, yaitu:
• Membeli / membaca buku tentang Internet, saya sarankan untuk membeli buku saya yang berjudul “TCP/IP Disain dan Implementasi” dan “Teknologi Warung Internet” yang di terbitkan oleh PT. Elexmedia Komputindo.
• Mencoba software Wingate & MDAEMON. Keduanya ada di Internet. Perlu dicatat bahwa software tersebut bukan software gratis / free melainkan software yang sifatnya shareware. Tinggal kita pandai-pandai saja mencari software tersebut.
• Lakukan survey kondisi jaringan telepon tempat WARNET tersebut, jangan sampai kecepatan data yang akan diperoleh sangat rendah. Sebaiknya diusahakan agar kecepatan dapat mencapai 56Kbps di siang hari.

Tahap Instalasi:
Setelah yakin kita menguasai teknologi WARNET, jaminan pasar cukup baik dan secara bisnis memungkinkan maka langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi dan kegiatan pemasaran. Pada saat kegiatan instalasi ini waktu yang dibutuhkan relatif singkat mungkin hanya sekitar 1-2 minggu-an saja jika ruangan & telepon telah tersedia. Sisanya hanya melakukan instalasi komputer dan LAN yang dibutuhkan.

Hal yang paling sulit adalah mendidik operator / penjaga WARNET, karena dibutuhkan kemampuan komputer dan juga nantinya menjadi semacam customer care bagi pelanggan WARNET yang belum tentu semuanya mengenal Intenet bahkan tidak mustahil sebagian besar belum mengenal Internet. Oleh karena itu sangat saya sarankan pada tahapan perencanaan orang / calon operator WARNET tersebut di didik dulu masalah Internet sebelum di terjunkan sebagai operator WARNET.

Tahap operasi:
Pada tahapan ini secara teknologi WARNET telah beroperasi dengan lancar, adapun yang perlu dikembangkan lebih lanjut pada saat operasi WARNET adalah:

• Marketing / penetrasi pasar. Baik itu melalui leaflet yang relatif sederhana. Maupun menggunakan metoda-metoda marketing yang lebih kompleks, misalnya mengadakan acara-acara diskusi Internet di warga sekitar, talkshow melalui radio dll.
• Sering kali yang menjadi masalah adalah ketidak tahuan calon pengguna akan keuntungan yang diperoleh melalui internet – misalnya untuk usaha kecil & menengah, untuk entertainment, dll. Usahakan untuk memberikan wadah bagi pengguna agar menjadi jelas keuntungan yang akan diperoleh dari Internet.
• Yang mungkin akan menarik juga adalah dengan menggabungkan dengan kursus-kursus penggunanan Internet.
• Membangun masyarakat melalui forum-forum diskusi misalnya melalui mailing list di Internet. Ada cukup banyak saat ini mailing list di Internet & juga dijelaskan dalam buku saya “Teknologi Warung Internet”.

Sekian dulu tulisan singkat saya, semoga dapat memberikan sedikit gambaran akan strategi / langkah yang perlu di ambil sebelum kita mengembangkan warung internet. Terus terang tempat yang paling menguntungkan untuk membangun sebuah warung Internet adalah di kampus / di sekolah. Mudah-mudahan dengan bertambah banyaknya warung Internet di Indonesia akan semakin pandai bangsa Indonesia ini.

0 komentar: